Apa Saja Fitur Penting Tools SEO Ahrefs

No comment 226 views
banner 468x60

Fungsi Ahrefs adalah sebagai Backlink Checker yang paling banyak digunakan saat ini, tetapi apakah anda tau fitur lainnya dari Ahrefs yang sebenarnya sangat powerfull untuk keperluan SEO anda. Tentu, masih banyak belum yang tau karena tools ini premium dengan harga yang tidak murah, namun sebanding dengan fitur fitur yang di sediakan.

Berikut ini daftar Fitur yang tak kalah Penting di Ahrefs :

  • Site explorer
  • Position explorer
  • Content explorer
  • Crawl report
  • Position tracker
  • Domain Comparison Tool
  • Batch Analysis
  • Link Intersection
  • New and Lost Backlinks

SITE EXPLORER
Site explorer adalah fitur utama dari Ahrefs yaitu sebagai backlink checker, dan anda pasti sudah tahu hal ini. Cara akses ke fitur Site Explorer adalah dengan mengakses URL https://ahrefs.com/site-explorer, dan anda bisa langsung memasukan domain / url yang ingin anda cek backlinknya kemudian akhiri dengan klik tombol Search.

Setelah itu anda akan melihat sebuah dashboard yang menyampaikan informasi secara umum, informasi yang disampaikan dengan sangat lengkap sehingga anda bisa melihat gambaran jelas tentang kondisi domain / url yg anda masukan.

Beberapa Informasi penting yang diperlihatkan Ahrefs dan dibutuhkan untuk anda sebagai praktisi SEO, yaitu :

  • Backlink total
  • Reffering Domain
  • Keyword yang masuk dari Google
  • Reffering Page
  • Reffering IP
  • Type Link (Doffolow, Nofollow, Edu, Gov, Dll)
  • Top Content
  • Top Competitor
  • Variasi Anchor Text

Dari Point-point di atas bisa digali lebih dalam lagi dan jauh lebih powerfull datanya, dan tenang saja karena akan saya bahas lebih dalam lagi di lain waktu.

CONTENT EXPLORER
Jika anda perlu ide konten untuk website anda dan perlu konten yang punya potensi viral. Anda dapat memanfaatkan fitur Content Explorer dari Ahrefs. Fungsi Content Explorer adalah mencari Konten yang ada pada website dan mengurutkannya berdasarkan daya share yang tinggi di Social Media. Semakin tingga daya share di social media, maka semakin tinggi potensi untuk viralnya. Sehingga jika anda inspirasi ide, silakan akses URL https://ahrefs.com/content-explorer lalu masukan keyword yang ingin ada cek.

POSITION EXPLORER
Ini adalah salah satu fitur yang sangat powerfull jika kita manfaatkan. Position Explorer dapat memperlihatkan keyword yang masuk ke domain / url tertentu, bukan itu saja anda juga bisa mengetahui kisaran jumlah traffic, Kompetitor dan Halaman mana yang paling banyak mendapatkan traffic di bagian Top Page.

Dengan Position Explorer anda dapat mengetahui Keyword apa saya yang masuk ke kompetitor beserta rankingnya, waw sungguh powerful dan bermanfaat ya. Kemudian jika kita mengklik bagian Top Page, kita akan lihat konten mana yang paling membawa banyak traffic, ini bisa sangat bermanfaat untuk anda, anda bisa mencontek dan mengaplikasikannya di website anda sendiri.

POSITION TRACKER
Ini yang revolusioner dari Ahrefs, di saat tools di luar sana menjual satu tools yang fungsinya untuk mengecek ranking saja. Ahrefs mengeluarkannya sebagai salah satu fitur, yang membuat kita tidak perlu lagi mengeluarkan budget untuk membeli tools rank tracker / mengecek posisi ranking.

Dengan menggunakan Ahrefs anda dapat memonitor posisi ranking dari web atau kompetitor anda, yang anda perlu lakukan adalah masuk ke https://ahrefs.com/dashboard/add lalu masukan URL dan keyword yang ingin dicek. Cukup sekali saja dan setiap ada perubahan ranking maka posisi di rank tracker pun akan berubah tanpa kita melakukan apapun. Ini juga salah satu kelebihan Position Tracker Ahrefs dibanding Position Tracker yang lain, pada tracker yang lain biasanya saat kita mau mengecek perubahan posisi / ranking harus mengklik update dan menunggu prosesnya. Position Tracker Ahrefs akan sangat memudahkan, terutama jika memiliki banyak web / kompetitor yang ingin dimonitor.

CRAWL REPORTS
Salah satu masalah yang penting, tetapi tidak diketahui oleh para praktisi SEO terhadap website nya adalah struktur SEO nya di mata google, link yang mati, onpage yang kurang maksimal dan lain-lain. Oleh karena itu hadir fitur Crawl Reports dari Ahrefs yang berfungsi untuk melihat performa dan struktur seo website anda, jika ada masalah akan segera terlihat dan anda bisa memperbaikinya segera dan anda terhindar dari masalah.

DOMAIN COMPARISON TOOL
Fitur ini memungkinkan kita membandingkan kondisi backlink dari 5 domain sekaligus, sehingga anda bisa “membaca” kondisi persaingan di niche anda secara cepat dan sederhana.

BATCH ANALYSIS
Jika domain comparison hanya bisa membandingkan 5 domain saja, ada yang lebih powerfull lagi karena bisa membandingkan hingga 200 url sekaligus. Dalam sekejak anda bisa membandingkan kondisi backlinks atau offpage tersebut. Sangat bermanfaat untuk yang sudah biasa membaca data dari ahrefs, dalam sekejap akan bisa mengambil kesimpulan dari hasil batch analysis ini dan akan mengefektifkan waktu dibandingkan harus mengecek satu persatu.

LINK INTERSECTION
Ini adalah fitur out of the box dari Ahrefs yang belum dimiliki oleh tools backlink checker yang lain, fungsinya adalah untuk mencari backlink yang mengarah ke kompetitor-kompetitor anda, tetapi belum ke situs anda. Secara logika backlink tersebut bisa dipasang oleh kompetitor anda yang seniche, tentu saja seharusnya anda juga bisa memasang link disana (diasumsikan link tersebut adalah halaman umum yang bisa ditanam link oleh siapa saja). Bingung? silakan baca berulang, karena ini sangat bermanfaat untuk menjadi “jalan cepat” dalam mencari backlink yang seniche. Jangan sampai backlink yang seniche dan digunakan oleh kompetitor-kompetitor anda, tetapi anda belum menggunakannya. oleh karena itu, mempelajari tentang link intersection ini akan sangat bermanfaat.

NEW AND LOST BACKLINKS
Sebenarnya fitur ini adalah salah satu bagian dari Site Explorer, tetapi karena menurut saya ini penting jadi saya buat poin khusus. Fitur ini bisa melihat backlink yang baru dan yang hilang secara harian. Jadi bukan hanya melihat backlink yang sudah kita buat, tetapi juga bisa melihat backlink yang hilang karena alasan tertentu. Sehingga kita bisa menganalisis kondisi website yang kita pantau secara sangat detail.

(Visited 43 times, 1 visits today)
Film Bioskop Online
Tags:
author
Author: