Bagaimana Sich Menerapkan SEO Di WordPress

No comment 99 views

Seperti yang anda ketahui, WordPress sangat mendukung SEO (Search Engine Optimization). Sebelum mengoptimasi konten WordPress, artikel pertama ini kita akan membahas dulu mengenai SEO. Baru nanti pada artikel kedua kita akan membahas cara penerapan SEO untuk WordPress.

SEO (search engine optimization), merupakan teknik untuk meningkatkan jumlah pengunjung yang berasal dari search engine ke website kita. Bila website kita sering terpampang di hasil pencarian dan banyak diklik oleh pengunjung, maka traffic atau jumlah pengunjung ke website kita akan meningkat. Peluang website kita diklik semakin besar bila link website kita terpampang di 10 pertama atau di halaman pertama hasil pencarian. Dengan teknik SEO itulah seorang web master akan dapat memposisikan link dari website mereka di halaman pertama hasil pencarian.

Seperti kita ketahui, SEO berkaitan dengan keyword. Seorang pengguna search engine mencari informasi tertentu dengan mengetikkan keyword di kolom pencarian. Keyword bisa terdiri atas satu kata atau satu kelompok (frase) kata. Misalkan, seorang pengguna ingin mencari informasi mengenai kamera digital. Mereka akan mengetikkan kata “kamera” di search engine Google; atau mereka mengetikkan “kamera digital”; bisa juga karena dia ingin membeli kamera digital maka ia mengetikkan “kamera digital murah” dan seterusnya.

Ketika pengguna search engine mengetikkan keyword tersebut, website kita terdaftar misalnya di nomor tiga di daftar hasil pencarian. Maka akan besar peluangnya website kita akan diklik oleh pengguna tersebut. Bila ternyata link website kita terpampang di halaman kedua, kemungkinan kecil pengguna tersebut untuk mengklik link website kita, sebab ia sudah malas untuk membuka halaman kedua. Pada umumnya pengguna search engine malas untuk membuka halaman kedua, apalagi halaman berikutnya, pada hasil pencarian.

Jadi tantangan Anda sebagai pemilik website adalah megusahakan agar link website Anda terdaftar di halaman pertama hasil pencarian untuk keyword yang sudah Anda tentukan. Misalkan Anda ingin kalau pengguna mengetikkan kata “kamera digital murah” maka website Anda ada di halaman pertama hasil pencarian.

Penentuan keyword ini merupakan tahap pertama penerapan teknik SEO. Bahkan keyword ditentukan sebelum pembuatan isi website. Seperti yang Anda duga, keyword berkaitan dengan tema isi dan tujuan website Anda. Misalnya isi website mengenai tip memotret dengan kamera digital, maka keyword Anda bisa “tip memotret” atau bisa juga “tip memotret dengan kamera digital”. Setelah menentukan keyword, tahap selanjutnya adalah membuat konten website yang mengandung keyword tersebut. Ada cara menempatkan keyword di dalam website atau artikel Anda – yang akan dibahas pada artikel mendatang.

Setelah konten kita optimasi, robot dari search engine akan mengindeks isi website kita. Dengan menerapkan keyword di dalam konten, maka search engine telah mendapatkan kesimpulan mengenai isi dari website kita. Suatu saat orang mencari informasi yang mengandung keyword kita, search engine akan menampilkan link ke website kita. Tetapi search engine akan me-rangking website-website pesaing yang mengandung keyword tadi. Posisi website kita pada hasil pencarian tergantung dari rangking yang kita dapatkan. Website yang memiliki backlink (direferensikan oleh website lain) lebih banyak akan menduduki rangking lebih tinggi. Oleh sebab itu kita perlu mendapatkan backling sebanyak mungkin.

Mendapatkan backlink membutuhkan usaha yang besar. Metode yang kerap disarankan adalah dengan aktif memberikan tanggapan di situs-situs forum yang bertopik sama dengan website kita. Di situ kita dapat memberikan solusi-solusi kepada anggota forum lainnya, dan kita bisa membubuhkan link ke website kita di forum tersebut. Hal itu juga bisa dibarengi dengan mengirim artikel-artikel yang bertema sama dengan website kita ke direktori artikel. Setiap artikel yang kita kirim mengandung link ke website kita. Dan banyak cara lainnya untuk mendapat backlink, seperti tukar-menukar link dengan website lain, membeli link, dan lain-lain.

Setelah kedua hal tersebut Anda lakukan, website Anda belum tentu dapat terpampang di 10 besar hasil pencarian. Sebab, hal itu tergantung juga pada tingkat persaingan. Kalau banyak website yang content-nya sama dan mirip dengan content kita, memang akan sulit untuk menduduki rangking tinggi alias terpampang di sepuluh besar hasil pencarian. Namun Anda tak perlu putus asa, sebab penerapan SEO adalah dinamis, kita harus terus menerus mengoptimasi dan mengembangkan backling untuk website kita. Dan yang terpenting adalah terus mengembangkan konten website kita dengan Menerapkan Teknik SEO di WordPress.

(Visited 24 times, 1 visits today)

Leave a reply "Bagaimana Sich Menerapkan SEO Di WordPress"