Beberapa Teknik SEO Terbaru 2018

No comment 13 views

Semoga dengan 8 Daftar Teknik SEO Terbaru 2018 ini dapat membuat postingan / artikel blog kalian dapat berada di halaman pertama mesin pencari Google, Bing & Yahoo!, dan lainnya. Aminnnnn!!!

[SEO On Page]

1. Optimasi Struktur Data Template

Struktur data html template yang baik berguna untuk mempermudah robot mesin pencari merayapi / membaca skema data yang kalian terapkan dalam template. Dengan begitu skema struktur template blog / website perlu dibenahi dan ditata sesuai aturan yang berlaku.

Skema data struktur google benar serp mobile hp

Salah satu contoh skema struktur data template yang baik adalah gambar postingan muncul di halaman pencarian google via mobile.
Untuk melakukan pembenahan skema template yang SEO friendly, kalian bisa menemukan tutorialnya di webmaster google atau schema.org.

2. Template Harus User Friendly

Website / blog yang User friendly disukai oleh banyak pencari info dan juga mesin pencarian. Karena kenikmatan dan kenyamanan dalam membaca konten-konten kita adalah wajib hukumnya. Sangat disayangkan jika tulisan yang ditulis telah menghabiskan banyak waktu atau tulisan yang seharusnya bermanfaat malah ditutup oleh banner iklan yang mengganggu, sehingga pengunjung jadi malas dan dengan cepat pergi meninggalkan situs kita tanpa dibaca.

Beberapa hal yang dapat menjadikan template situs kita dianggap User Friendly:

Mobile Friendly – Bersyukurlah jika template situs kalian sudah Mobile friendly (cocok untuk semua perangkat mobile). Tidak hanya pengunjung saja yang suka, karena google pun menyukainya dan akan menambah nilai plus bagi situs tersebut. Sehingga membuat peringkat postingannya terangkat ke atas bahkan sampai nomor satu di mesin pencari. Sebenarnya tampilan yang responsive juga termasuk ke dalam mobile friendly, jadi jangan dirubah lagi jika template kalian sudah responsif.

Fast Loading – Semakin cepat dibuka/diakses maka makin disenangi. Proyek AMP salah satu contoh dan rekomendasi untuk membuat loading situs kalian cepat dan Mobile Friendly. Akui saja jika kalian membuka situs yang lemot maka akan menutupnya dan mencari informasi di situs sebelah. Hindari script yang tidak bermanfaat terutama script pihat ketiga (di luar hosting) yang menjadikan loadinya semakin lemot, dan jangan lupa minimalkan size gambar postingan.

Tidak Menggunakan Pop Under – Saya akui banyak publisher yang menggunakan pop under/ads untuk mencari uang dari blognya. Namun akhir-akhir ini pop under dianggap tidak baik oleh google, karena mengganggu pembaca dalam mencari informasi. Pop Under memang sangat menyebalkan, jadi jangan membuat kesal pengunjung dengan tampilan yang mendadak seperti penggunaan Pop Under. Nanti malah gagal gajian karena situs kalian dihafali buruk dan tidak diminati lagi oleh pengunjung.

Tidak Memasang Banner Iklan yang Mempersulit Pembaca – Pembaca datang mengunjungi situs kalian karena membutuhkan informasi/jawaban sesuai dengan keyword yang digunakan. Jika pembaca menemukan situs kalian dalam keadaan penuh dengan banner iklan bahkan sampai menutup isi konten dan tidak dapat diclose, maka jangan kaget jika tiba-tiba peringkat postingan blog kalian menurun dan hilang dari serp.

Navigasi yang Baik – Navigasi tidak hanya tertuju pada menampilkan menu (about-contact-privacy-category) yang disediakan pada halaman web/blog kalian. Navigasi juga terletak pada link yang dibuat. Jika link yang dibuat ternyata rusak/error, maka hal ini juga dapat memicu menurunnya kualitas kalian dalam mengurus situs. Kalian bisa mengecek broken link dengan menggunakan tools online gratis dari banyak situs. Benahi link-link yang rusak agar kepengurusan kalian diakui oleh pengunjung dan bot perayap mesin pencari.

3. Menciptakan Konten Artikel yang Berkualitas

Berkualitas bisa diartikan bernilai tinggi. Contohnya seperti kita mengerjakan soal essay. Apabila jawaban kita dianggap sesuai dengan soal yang diajukan dan memuaskan, maka kita akan mendapat nilai sempurna. Begitulah kurang lebihnya yang dimaksud dengan artikel yang berkualitas.

Ciri-ciri artikel yang berkualitas, diantaranya adalah sebagai berikut:

Sesuai Topik – Jika tulisan kalian keluar dari topik dan malah menjerumus ke hal-hal yang negatif, maka tak jarang tulisan kalian dianggap buruk dan malah dibenci. Melakukan clickbait sebenarnya tak apa, asalkan kontennya sesuai dengan judul yang ingin kalian terapkan. Setidaknya clickbait tersebut tidak dijerumuskan ke hal-hal negatif, seperti: provokatif atau pornografi. Pastinya kalian butuh pengunjung untuk mendapatkan uang untuk kelangsungan hidup, jika uang yang dicari. Makanya jangan keluar topik pembahasannya. (Keyword Relevan)

Original – Asli buatan sendiri, bukan hasil mencuri atau copy paste. Copy paste hanya memperburuk citra kita dimata pembaca dan bahkan hasil copy paste tersebut dianggap buruk oleh mesin pencari karena dianggap ilegal dan curang. Keoriginalan membuat kita semakin pandai dalam merangkai tulisan yang baru dan disukai pembaca.
Unik – Beda dari yang lain. Bisa saja topiknya sama, tapi berbeda dalam menyampaikannya. Misalkan saja blogger lain menuliskan tanpa memakai gambar, namun kalian menggunakan banyak gambar dalam menuangkan konten yang unik.

Bisa Dibaca – Yang ini sudah sangat jelas sekali, bukan? Akibat kalian menggunakan pilihan font yang aneh-aneh sehingga malah tidak bisa dibaca.
Menjawab atas Pertanyaan Pencari Info – Pencari info biasa menuliskan keyword dalam kolom pencarian search engine. Jika situs kalian sesuai dengan apa yang mereka cari, maka bisa dipastikan bahwa situs kalian berguna dan bermanfaat. (Keyword Relevan)

Menginspirasi – Tidak semua penulis dapat menginspirasi para pembaca. Saya akui bahwa saya pun juga tidak dapat melakukannya. Namun, saya pernah menemukan sebuah postingan yang sangat menginspirasi bagi saya pribadi. Postingan itu membuat saya semakin senang dalam melakukan aktivitas blogging. Akan tetapi saya lupa postingan siapa itu, karena daya ingat saya sepertinya memang lemah.

4. Menambah Jumlah Postingan

Gampangnya begini. Jika postingan pertama, kedua, dan ketiga tidak berada di halaman pertama mesin pencari, maka postingan keempat, kelima, dan seterusnya kemungkinan bisa berada di halaman pertama mesin pencari. Ini bukan unsur “bejo”, karena kenyataan yang sering terjadi memang seperti itu. Alasannya, dengan seringnya kita posting maka tulisan kita berikutnya akan lebih profesional daripada sebelum-sebelumnya.

 

Jadi, daripada terlalu sibuk mengurus domain expired untuk dihidupkan kembali (domain zombie) dan sering membuka angka pendapatan akun publisher yang tidak jelas bertambah, alangkah baiknya terus-teruslah posting (tanpa menghilangkan kualitas tulisan & bukan copy paste).

5. Membuat Internal Link

Jangan anggap remeh internal link, karena ternyata memang ampuh dalam mendongkrak peringkat SERP artikel yang di tuju dan artikel yang memberi link. Istilah lain internal link adalah backlink antar artikel milik situs itu sendiri.

Namun perlu diingat bahwa jangan sampai tulisan dalam satu halaman adalah link semua. Bukannya baik, teknik SEO On Page ini malah jadi dianggap buruk. Buatlah internal link seperlunya saja. Seandainya ingin menyematkan banyak internal link, maka kalian harus wajib menulis kata yang banyak pula.

6. HTTPS

Saat ini domain ber-HTTPS diberi penilaian plus oleh mesin pencari, khususnya Google. Makanya, platform blogger diberi menu on/off HTTPS untuk custom TLD dan subdomain blogspot.

HTTPS diyakini dapat mengamankan identitas pengguna dalam pembuatan akun dan password, sehingga para peretas sulit membobol akun pengguna untuk kejahatan. Namun saya yakin bahwa tidak ada sistem yang aman, sehingga sehebat apapun mesin buatan manusia pasti tetap ada celahnya untuk diterobos atau dirusak.

Tentang manfaat yang diperoleh dalam mengaktifkan pengaman SSL/HTTPS, kalian bisa baca di Manfaat Menggunakan HTTPS.

7. Promosi

Banyak jalan menuju roma, begitu juga jalur promosi. Kita bisa menggunakan banyak platform untuk mempromosikan produk (blog) ke khalayak umum.

Jika kalian ingin lewat jalur online, google adwords, sosial media, blogwalking, dan forum online merupakan jalur terbaik untuk melakukan promosi. Namun jika ingin lewat media elektronik (non online), kalian bisa beriklan di televisi.

Kita tau bahwa beriklan di televisi bisa menghabiskan berjuta bahkan ratusan juta rupiah untuk sekali iklan. Karena memang budget pas-pasan jalur online adalah jalur yang wajib kalian tempuh.

Dalam artikel ini saya tidak memberikan cara berpromosi yang ampuh/baik via online, karena di sini saya hanya ingin memberikan garis besarnya atau umumnya saja. Untuk secara khusus dan teknik akan saya bahas pada lain waktu.

8. Backlink

Backlink yang terbaik adalah dari situs kita sendiri. Namun apa daya bahwa umur blog masih seumur jagung. Perlu asupan gizi dan bantuan pihak lain untuk menyokong blog baru kita. Dengan begitu butuh gizi dan sokongan dengan mencari backlink dari situs berotoritas tinggi.

Saya sarankan untuk menanamkan pada situs yang memiliki DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) dengan angka tinggi, karena situs yang ber-DA dan PA tinggi sudah dipastikan bahwa otoritasnya juga tinggi.

Namun ternyata beberapa situs ber-DA dan PA tinggi memiliki angka SPAM. Nah, untuk menghindari situs yang memiliki angka SPAM tinggi, kita dapat mengeceknya dengan tools yang dibuat oleh MOZ. Kalian bisa mengunjungi Open Site Explorer [MOZ] untuk lebih jelasnya.

Ada yang bilang bahwa tahun ini backlink tidak perlu dicari lagi, saya sependapat juga karena faktanya beberapa blog yang saya build tanpa mencari backlink bisa berada di puncak atau halaman pertama, dengan syarat submit ke webmaster dan saingannya sedikit.

Jadi, antara backlink perlu atau tidak ini masih jadi misteri. Untuk jelasnya kalian bisa bereksperimen sendiri.

Masih kurang? Kalian bisa surfing ke situs lain kok.

Untuk submit ke search engine jelas sangat dianjurkan!!! Karena hal ini dilakukan agar membantu artikel baru mudah terindex.

(Visited 6 times, 1 visits today)

Leave a reply "Beberapa Teknik SEO Terbaru 2018"