Pengertian Algoritma Google Freed … !

No comment 281 views

Baru baru ini para blogger di sibukkan dengan Fenomena Google Fred! sebenarnya apa sich itu Google Fred? pertannyaaan ini juga menjadi pemikiran BloggerKeren untuk membuat sebuah artikel yang menjelaskan fenomena hal tersebut. Mungkin para blogger senior sudah paham mengenai hal ini, bagaimana dengan seorang Blogger Pemula seperti saya ini. Tentu hal ini sangat bermanfaat untuk lebih memaksimalkan blog mereka. Simak ulasannya berikut ini :

Penamaan algoritma ini menjadi Fred (Algoritma Google Fred) pertama kali diusulkan oleh seorang karyawan Google bernama Gary Illyes. Algoritma Google Fred sendiri akan lebih berfokus ke related link di halaman sebuah web. Algoritma ini akan memberikan penilaian terhadap link yang ada di sebuah halaman. Penilaian tersebut ditentukan oleh relevan tidaknya sebuah link dengan konten yang ada di halaman web tersebut.

Jadi, untuk sobat yang memasang artikel terkait secara otomatis di dalam postingan kemungkinan besar akan mengalami penurunan visitor karena algoritma ini. Algoritma Google Fred akan menurunkan ranking blog sobat di SERP Google.

Untuk sobat yang juga sering menggunakan “Baca Juga” di sebuah postingan tapi link postingannya tidak relevan atau berkaitan maka algoritma ini juga kemungkinan besar akan menghukum blog sobat dengan menurunkan rankingnya di SERP Google. Namun, jika linknya relevan dengan postingan maka bisa jadi algoritma ini justru menaikan ranking blog sobat di SERP Google karena related linknya relevan dan dinilai baik oleh algoritma tersebut.

Contoh related link yang baik dan relevan adalah ketika di postingan yang berjudul “Cara Memverifikasi Blog Ke Google Webmaster” sobat menggunakan “Baca Juga” ke sebuah postingan yang berjudul “Cara Menggunakan Fasilitas Ambil Sebagai Google Di Google Webmaster”. Kedua postingan tersebut berkaitan jadi sangat cocok link postingan di tautkan di masing-masing postingan. Sementara jika sobat memasang “Baca Juga” dengan link postingan berjudul “Situs Download Film Terbaik” kedalam postingan yang berjudul “Cara Memverifikasi Blog Ke Google Webmaster” maka jelas algoritma Google Fred akan menganggap itu related link yang salah karena tidak relevan. Itulah mengapa saya mengatakan kalau blog sobat yang memasang artikel terkait secara otomatis di dalam sebuah postingan akan mengalami penurunan visitor, karena biasanya artikel terkait secara otomatis akan asal pilih postingan untuk dipasang linknya dipostingan lain tanpa melihat kerelevansiannya terlebih dahulu.

Selain internal link (link yang mengarah kehalaman lain blog sendiri), algoritma Google Fred juga turut akan menilai external link (link yang mengarah ke situs lain). Jadi, mulai sekarang hati-hati jangan sembarangan pasang link di postingan. Google meluncurkan algoritma ini juga sebagai upaya meminimalisir link spam yang ada di halaman sebuah web.

Untuk blog ini, algoritma tersebut tidak membawa dampak yang signifikan. Trafik blog ini tidak mengalami perubahan yang berarti semenjak algoritma Google Fred dirilis pada 8 Maret lalu. Trafiknya tetap dikisaran 200 PV/hari, hehe masih sedikit. Semoga aja beberapa bulan lagi PV bisa tembus 2000/hari, Amin… Saya sendiri tidak mau ambil pusing dengan hadirnya algoritma Google Fred ini bahkan artikel terkait secara otomatis tetap saya pasang di blog sederhana ini. Kalau sobat, apa yang akan sobat lakukan setelah mengetahui algoritma Google Fred resmi dirilis Google?

 

Sumber referensi: omblogging

(Visited 94 times, 1 visits today)
Tags:

Leave a reply "Pengertian Algoritma Google Freed … !"