Pengertian Apa Itu AMP ( Accelerated Mobile Pages )?

banner 468x60

Apa Itu AMP ( Accelerated Mobile Pages ) ? Google Accelerated Mobile Pages adalah sebuah inisiatif dan inovasi dalam bentuk aplikasi open source yang muncul dari diskusi antara publisher dengan perusahaan teknologi mengenai pentingnya meningkatkan seluruh ekosistem konten ponsel untuk semua orang termasuk publisher, konsumen, pencipta, dan pengguna.

Sekarang , banyak sekali harapan akan sebuah konten berita dan informasi dapat diakses dengan sangat cepat . Tapi kenyataanya banyak halaman website yang dibutuhkan oleh konsumen terbuka dalam beberapa detik saat konsumen atau pembaca mengaksesnya melalui pencarian google . Jadi pada intinya Accelerated Mobile Pages adalah halaman web yang dirancang khusus agar dapat dimuat dalam perangkat mobile dalam waktu yang sangat cepat , hal ini tentu merupakan sebuah kemajuan bagi sistem mobile web yang berdampak besar .

Apa Manfaat Dari Accelerated Mobile Pages ?

Kecepatan adalah dambaan setiap orang . Sebuah penelitian menunjukkan bahwa bounce-rate dapat mencapai 58% pada halaman web yang memuat dalam waktu 10 detik. Dengan menggunakan AMP diharapkan akan membuat bounce-rate mengecil dan meningkatkan interaksi pembaca dengan website yang menggunakan AMP . AMP bukan soal kecepatan dan kinerja saja . Google dan teamnya juga menjanjikan pendistribusian konten yang lebih baik agar website dapat diakses dengan sangat cepat melalui platform dan aplikasi apapun , tentunya dengan pendistribusian konten yang lebih baik oleh google akan meningkatkan pendapatan website kita bukan ?

Bagaimana Cara Kerja Accelerated Mobile Pages ?

Google AMP sebenarnya sama saja dengan halaman HTML lainnya , hanya saja pada AMP ada beberapa fungsi yang dibatasi namun tetap dalam lisensi Open-Source . Accelerated Mobile Pages dapat diakses melalui semua browser terbaru atau app webview lainnya . Tujuannya agar pembaca / pengakses website lebih puas karena halaman website yang mereka inginkan dapat muncul dengan cepat sehingga informasi lebih mudah didapat.

Kapan Accelerated Mobile Pages dikenalkan dan kapan akan diaktifkan ?

Awalnya AMP rilis pada 7 Oktober 2015 dengan mengumumkan spesifikasi teknis pada GitHub , Kapan akan diaktifkan serentak ? sejak tanggal 24 Februari kemarin , google AMP Projects telah diaktifkan , melalui blog resmi google , David Besbris yang merupakan VP Engineering dari google search menuliskan sebuah artikel yang mengumumkan jika google accelerated mobile pages telah diaktifkan pada hasil pencarian google mobile .

Jadi Untuk Siapa Sebenarnya Accelerated Mobile Pages ?

Tentu saja untuk kalian para pemain website professional , masyarakat , dan para penulis artikel web . Google juga sudah mengumpulkan beberapa platform website untuk ikut mendemonstrasikan AMP ini pada website nya , platform tersebut antara lain : Twitter , Google , ChartBeat dan WordPress . Selain platform google juga menggandeng beberapa publisher berita seperti : Vox, The New York Times, The Guardian dan Globo .

Apakah Accelerated Mobile Pages Mendukung Iklan Dan Monetasi ?

Justru tujuan utama dari google AMP salah satunya adalah untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung web dan pemilik web dalam pengiklanan atau monetasi yang lebih efektif . Maksudnya adalah nantinya penempatan iklan , jarak dan teknologi dari iklan sendiri akan dioptimalkan pada tampilan melalui perangkat mobile .

Bagaimana Dengan Dukungan Analytic ?

Google sedang bekerja sama dengan beberapa provider analytic untuk mengintegrasikan layananya dengan AMP , namun sepertinya jika hanya menggunakan Google Analytics tentu tidak akan ada masalah yang muncul .

Seperti Apa Tampilan Accelerated Mobile Pagess ?

Tentu hal ini juga menjadi sebuah pertanyaan besar dan mengganjal bagi kalian semua para developer web , untungnya google telah merilis sebuah demo url yang bisa kalian coba sendiri melalui link ini (buka melalui mobile phone).

Meskipun Google AMP belum efektif berjalan pada seluruh google search for mobile , namun tidak ada salahnya untuk mencoba dan mempersiapkan diri untuk menyambut Trend Search Engine yang nampaknya akan sebentar lagi booming ini .

 

(Visited 65 times, 1 visits today)
Film Bioskop Online
author
Author: