Seperti Apa Kesalahan Teknik SEO Link Building

No comment 197 views
banner 468x60

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi mengenai sebuah Kesalahan Teknik SEO Link Building.

Teknik SEO Link building yang baik dan benar adalah yang wajar-wajar saja, atau di dunia SEO sering disebut natural. Google ataupun search engine lainnya tidak merancang sistem penentuan ranking mereka untuk dikelabui, melainkan untuk memberi penghargaan bagi website yang baik dan mendapatkan link back secara natural. Link building yang baik dan benar bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan, apalagi secara manual. Sayangnya itulah satu-satunya cara agar link back yang kita dapatkan benar-benar membawa manfaat. Tapi tentu ada sisi baiknya. Kita-kita yang bermodal pas-pasan pun memiliki kesempatan yang sama untuk berhasil.

Kesalahan Teknik SEO Link Building

Perlu anda ketahui bahwa Mempraktekan metode link building yang brutal atau secara tidak natural dapat menghancurkan manfaat dari teknik link building tersebut. Jadi berhati-hatilah dalam melakukan kampanye link building. Berikut adalah Kesalahan Dalam Teknik SEO Link Building :

1. Paket Link Masal

Banyak orang yang memanfaatkan kemalasan kita dengan menawarkan paket link yang menggiurkan. “Get thousands of inbound link instantly!” Mungkin anda pernah mendapatkan spam email dengan penawaran kira-kira semacam itu. Apa yang dia tawarkan sama dengan cara dia menawarkan, spam. Jika anda membenci spam, demikian juga search engine. Jangan pernah ikut-ikutan. Website anda malah mungkin akan di ban oleh search engine.

Anda perlu tahu bahwa search engine menghargai reputasi website. Meskipun website anda bisa keluar lagi dari status ban, reputasi yang buruk akan menyulitkan website yang pernah di ban untuk mendapatkan ranking yang bagus.

2. Link Exchange

Pada masanya, link exchange pernah manjadi metode utama strategi link building. Anda menempatkan link ke website orang lain, dia memasang link di websitenya ke website anda. Sama-sama untung, sama-sama mendapatkan manfaat, benar? Salah besar! Google dan mesin pencari lainnya memberikan nilai negatif terhadap mekanisme ini ketika mereka menyadari keberadaan ratusan link-farm, fasilitas otomastis yang dipasang di website dan secara instan membangun ribuan link exchange ke website-website lain yang menjadi pesertanya.

Sistem search engine sekarang mampu mendeteksi link exchange, dan akibat praktek negatif link-farm, link exchange kena getahnya. Manfaat link exchange boleh dikatahan sudah tidak ada lagi, dan jika website anda mendapatkan link exchange melalui jaringan besar yang memfasilitasinya, kasilnya justru akan negatif.

3. Link dari Page yang Tidak Ter-Index

Sering kali orang menghabiskan banyak waktu untuk mendapatkan back link dari halaman web yang tidak terindex. Link dari halaman yang tidak terindex tidak ada artinya, hanya buang-buang waktu saya. Tidak terindex ada dua kemungkinan, page tersebut masih baru, atau search engine sudah mengunjunginya tapi menganggapnya tidak penting untuk diindex. Jika kemungkinan pertama yang terjadi, anda masih bisa berharap manfaat karena mungkin nanti akan terindex, tapi jika yang kedua yang terjadi, anda membuang waktu sia-sia.

Jadi kalaupun anda tidak cukup beruntung sehingga hanya mendapat link dari halaman yang tidak terindex, pastikan halaman tersebut potensial terindex. Saat ini halaman dengan puluhan link di dalamnya seperti banyak halaman link exchange jaman dulu, sudah tidak diindeks lagi.

4. Tidak Memakai Anchor Text

Selintas ini mungkin tidak tampak seperti masalah. Tapi bayangkan jika anda sudah berhasil mendapatkan 2,000 back link tanpa anchor text, website anda dengan mudah dapat dikategorikan spammer. Anchor text merupakan salah satu faktor yang dipakai untuk menilai relevansi dari link antara dua website. Selain dapat dikategorikan spam, relevansi yang tidak terdeteksi akibat tidak adanya anchor text juga menyebabkan nilai back link tersebut menjadi sangat rendah.

5. Tidak Relevan

Search engine, terutama Google, semakin hari semakin pintar. Logika pencarian mereka terus berkembang untuk semakin menyempurnakan fungsi mereka, memberikan informasi yang relevan dengan yang dicari orang. Relevansi ini merupakan kunci bisnis search engine. Jika search engine gagal memberikan hasil pencarian yang relevan, orang nggak pake lagi, dan mereka gulung tikar. Karena itu search engine sangat memperhatikan relevansi. Jika website anda mendapatkan link yang natural dari website dengan konten yang relevan, nilai link itu akan sangat baik bagi website anda. Sebaliknya, link back dari website yang tidak relevan tidak membuat search engine menganggap website anda penting.

6. Link Anorganik

Google merancang sistem page rank mereka untuk bekerja secara organik. Link back yang dicari adalah yang terjadi secara wajar, natural. Secara kasar natural dapat diartikan sebagai pelan tapi konsisten, dari berbagai jenis website yang relevan. Jika anda mendapatkan 1000 link baru dalam sehari, alarm Google sudah akan langsung berbunyi, dan kecuali anda bisa terus-menerus mendapat 1000 link baru dalam sehari, website anda akan ditendang keluar dari index.

7. Membeli Link

Back link dari website yang memiliki page rank tinggi sangat berharga jika kita mengejar ranking di Google. Anda bisa membeli link dari website dengan page rank tinggi, dan harganya bukan main. Di sebuah website ditawarkan link dari website dengan page rank 7 seharga $250 per bulan. Kalau anda search di search engine anda akan menemukan banyak orang jang menjadikan penjualan link dari website ber-page-rank tinggi ini sebagai bisnis yang menguntungkan.

Tapi sekarang tenaga instan dari link seperti itu sudah tidak relevan lagi. Google sudah sangat waspada. Sudah banyak laporan Google men-discount page rank website yang ketahuan menjual link. Bukan tidak mungkin Google akan mengembangkan mekanisme pengawasannya sehingga mencakup pembeli juga.

Mengenai Kesalahan Teknik SEO Link Building

Link building yang baik dan benar, memberikan manfaat jangka panjang, adalah yang natural dan organik. Carilah back link yang hanya satu arah, relevan, dan dari website yang memiliki page rank bagus. Kalau mungkin dari halaman web yang memiliki page rank bagus. Jangan terjebak dengan hal-hal yang instan. Dalam jangka panjang, link building yang perlahan tapi terus menerus sehingga nampak natural akan membawa aliran traffic yang terus menerus juga.

Bagaimana apakah informasi ini sangat berguna bagi anda. sekarang anda tahu dan mengerti mengenai Kesalahan Teknik SEO Link Building

 

(Visited 49 times, 1 visits today)
Film Bioskop Online
author
Author: