Bagaimana Cara Mengubah Tombol Tombol Smartphone Sesuai Keinginan Kita

Bagaimana Cara Mengubah Tombol Tombol Smartphone Sesuai Keinginan Kita

Setiap smartphone terbaru terutama yang mengadopsi desain full view, umumnya sudah menempatkan tombol navigasi di dalam layar, seperti tombol home, back dan recent apps. Sedangkan untuk tombol-tombol fisiknya, biasanya hanya ada tombol power, volume naik dan volume turun.

Meski hanya disediakan tiga tombol fisik saja, saat ini sudah ada beberapa vendor yang menempatkan tombol tambahan, seperti tombol Bixby di Samsung, Google Assistant di Pixel dan Mi Assistant di Xioami.

Tombol fisik tersebut biasanya dibuat untuk melakukan perintah tertentu saja. Namun ternyata ada sebuah aplikasi yang memungkinkan kita untuk mengatur apa saja fungsi dari tombol fisik tersebut. Singkatnya, pengguna bisa mengubah fungsi tombol volume, power dan assisstant sesuai keinginan.

Aplikasi ini bernama Button Mapper. Seperti namanya, aplikasi yang dirilis oleh flar2 ini dapat mengganti atau menambahkan fungsi lain di setiap tombol fisik. Selain bisa didownload secara gratis di Google Play Store, Button Mapper dapat berjalan di smartphone Android yang belum di-root.

Bagaimana cara menggunakannya? Pertama-tama download aplikasi Button Mapper dan install seperti biasa di smartphone Android. Selanjutnya buka aplikasinya dan berikan izin Aksesibilitas agar dapat berjalan dengan maksimal.

Akan muncul daftar tombol fisik yang bisa dimodifikasi kemudian pilih salah satu tombol yang ingin diganti fungsinya. Button Mapper menyediakan segudang fungsi menarik yang bisa langsung dicoba. Jika ada tombol yang kurang, bisa ditambahkan di menu Add Buttons.

(Visited 3 times, 1 visits today)
author
Author: