Bebaskan Bereksplorasi, Salah Satu Tips Agar Anak Cerdas

Bunda patut bangga kalau Si Kecil aktif bereksplorasi. Karena ini menggambarkan tingginya rasa ingin tahu anak, yang mendorongnya untuk belajar dan menemukan hal-hal baru. Tak heran salah satu tips agar anak cerdas adalah meminta orang tua untuk membebaskan buah hatinya bereksplorasi. Belajar dari pengalaman langsung adalah bagian penting dari perkembangan kecerdasan seorang anak.

Tertarik menerapkan tips agar anak cerdas yang satu ini, namun masih memiliki sedikit kekhawatiran? Bunda dapat mencoba tips di bawah ini:

  • Ciptakan lingkungan yang aman

Agar si balita dapat bereksplorasi dengan aman di rumah, cobalah untuk menyingkirkan sementara waktu barang-barang pecah belah dan berbagai furnitur bersudut tajam yang mungkin dapat membahayakan anak. Alihkan perhatian anak ketika ia mulai melakukan sesuatu yang tidak aman. Ingin memegang panci panas, misalnya. Tak perlu berteriak “jangan’, cukup tarik tangannya dengan lembut dan beri ia panci lain yang dapat ia pelajari. Jelaskan kegunaannya. “Ini namanya panci untuk masak bubur yang sering Adik makan itu lo!”

  • Tahan keinginan untuk memberi banyak arahan

Melakukan trial and error adalah pengalaman yang berharga. Contoh, ketika si balita bereksplorasi dengan celana panjangnya dan mencoba menarik ritsleting sendiri, biarkan saja. Ketika gagal, minta ia mencobanya kembali.  Bila anak sudah merasa frustrasi, berikan ia semangat sambil menjelaskan caranya.  Kegagalan demi kegagalan yang anak temui saat bereksplorasi akan menempa pribadinya menjadi anak yang tekun dan akhirnya membuatnya tumbuh menjadi anak cerdas. Itulah mengapa membebaskan anak bereksplorasi menjadi salah satu tips agar anak cerdas.

  • Beri anak waktu untuk bermain sendiri

Tentu sambil tetap diawasi. Memberi anak waktu bermain sendiri dapat membantu mereka mengembangkan kreativitas. Anak pun belajar untuk dapat menyelesaikan berbagai tantangan dalam permainan secara mandiri.

  • Hati-hati menanggapi pertanyaan anak

Jika Bunda tidak tahu jawabannya, beri tahu anak dengan jujur lalu ajak ia untuk memenuhi rasa keingintahuannya bersama. “Yuk kita lihat di ensiklopedia!”

  • Dukung eksplorasi anak dengan nutrisi optimal.

Nutrisi yang optimal menjaga anak tetap sehat untuk dapat aktif bereksplorasi. Prinsipnya tetap sama, anak  perlu diusahakan untuk makan makanan bergizi, beragam, dan seimbang. Namun di saat sedang  sulit makan, Bunda dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi anak dengan multivitamin, seperti vidoran gummy Multivitamin. Multivitamin ini dapat mendukung kecukupan vitamin yang dibutuhkan anak dalam masa pertumbuhannya. Bentuk gummy yang kenyal dengan karakter Doraemon dan rasa yang enak membuat anak dapat menikmati kebaikan multivitamin dengan cara yang menyenangkan.

Semoga Bunda lebih siap untuk menerapkan tips agar anak cerdas ini!

(Visited 11 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *