Benarkah Apple Pindahkan Produksi iPhone dari China ke Indonesia?

Apple Pindahkan Produksi iPhone dari China ke Indonesia

Belum lama ini Apple sudah memindahkan proses perakitan MacBook dan iPad dari Cina ke Indonesia terkait dengan memanasnya hubungan Amerika Serikat dan Cina. Kini kabarnya Apple juga akan memindahkan produksi iPhone ke luar Cina.

Berdasarkan laporan dari Nikkei, Apple disebut bakal memindahkan sekitar 15 hingga 30 persen volume produksi iPhone. Artinya Apple masih akan memproduksi iPhone di Cina, hanya saja jumlahnya bakal berkurang.

Apple sendiri sudah berdiskusi dengan para mitranya seperti Foxconn, Pegatron, dan Wistron untuk menentukan bersama dimana lokasi perakitan yang paling ideal. Mereka pun sepakat menargetkan wilayah Asia Tenggara.

Ada tiga nama yang menjadi kandidat, yakni Indonesia, Malaysia, dan Vietnam. Namun di luar ketiga negara Asia Tenggara tersebut, Apple juga memiliki opsi negara lain yakni Meksiko dan India.

Proses perpindahan produksi ini bukanlah perkara mudah. Setidaknya dibutuhkan waktu tiga tahun untuk benar-benar merampungkan prosesnya. Kurang lebih dibutuhkan waktu sekitar enam bulan untuk survei lokasi dan memastikan segala kebutuhan untuk produksi terpenuhi.

(Visited 13 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *