Buat Perpustakaan Digital Sendiri Dengan Mudah

No comment 36 views
banner 468x60

Di jaman digital sekarang ini, buku tidak harus dalam wujud “hardcopy” atau juga kertas-kertas. Anda sekarang bahkan sudah bisa membaca “buku” melalui perangkat PC atau gadget Android atau iOS anda. Hal ini dikarenakan mulai banyaknya beredar Eletronic Book atau biasa disebut juga ebook. Beberapa file yang disebut ebook umumnya berformat pdf, epub, mobi dan lain-lainnya.

Namun seiring semakin banyak file ebook yang dimiliki, semakin sulit pula mengatur file-file tersebut agar mudah diakses. Salah satu software yang dapat membantu anda membuat perpustakaan digital ini adalah calibre.

Ketika anda pertama kali memasang calibre di perangkat anda, akan ada pilihan untuk memilih lokasi file ebook anda. Pilihan defaultnya adalah di direktori drive C:. Namun bila ada permasalan pada sistem operasi anda, file ebook lebih beresiko untuk hilang. Sehingga sebaiknya diubah ke direktori drive D atau E.

Untuk mulai menambahkan file ebook ke perpustakaan digital ini, anda dapat dengan cara klik and drop file yang anda inginkan ke tampilan aplikasi calibre. Setelah itu file anda akan tersimpan ke dalam perpustakaan anda. Anda juga dapat menhapus file original tersebut dikarenakan file anda telah diduplikat ke perpustakan anda, dan kapan saja anda bisa mengakses ataupun memindahkannya.

calibre ini memiliki tampilan yang dapat dikatakan sangat baik dan juga memiliki banyak fitur yang cukup spesial. Beberapa fitur yang cukup menonjol adalah edit metadata, convert file ebook, ebook viewer dan menu pencarian ebook yang terkoneksi ke banyak website.

Edit Metadata

Ketika mencari ebook, selain harus mengingat judul ebook atau pengarangnya, sering kali dibutuhkan juga foto cover dari ebook tersebut. Namun bila file ebook yang anda miliki tidak memiliki cover secara default di file aslinya, dengan menggunakan edit metadata, anda dapat dengan mudah mencarinya. Selain itu anda juga secara otomatis akan menambah “tag” atau kategori untuk memudahkan pencarian ebook berdasarkan kategori.

Convert Ebook

Tidak semua jenis file ebook dapat dibuka oleh satu aplikasi ebook reader. Namun dengan adanya fitur convert ebook ini, anda dapat dengan mudah mengubah file menjadi format ebook kesukaan anda. Beberapa format yang didukung adalah format file pdf, mobi, epub, pdb, azw3, rtf, docx dan beberapa format lainnya. Selain itu konversi format file tesebut dapat dilakukan secara banyak file tidak harus satu persatu.

Ebook Viewer

Ebook viewer di calibre ini mendukung banyak format populer seperti pdf, mobi, epub, docx, xhtml dan banyak lainnya. Sehingga cukup dengan calibre saja anda sudah bisa mengatur, mengedit hingga membuka berbagai jenis file ebook.

Beberapa fitur yang dijelaskan adalah beberapa fitur yang cukup menonjol versi @CrtGadget. Bila anda ingin merasakan beberapa fitur calibre lainnya, anda dapat mengundah dan memasangnya di perangkat anda. Beberapa sistem operasi yang didukung oleh calibre adalah Windows 32 dan 64 bit, Linux dan juga Mac OS.

Bila anda ingin tutorial lebih lanjut mengenai penggunaan calibre, anda dapat sampaikan di kolom komentar. @Crtgadget akan mempertimbangkan untuk membuat tutorial lebih lengkap.

(Visited 6 times, 1 visits today)
Film Bioskop Online
author
Author: