Cara Bercanda Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam Part 2

banner 468x60

Kisah yang diriwayatkan Anas bin Malik Radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata :

ليخالطنا حتى يقول لأخ لي صغير : با أبا عمير ! ما فعل النغير ؟

Sungguh Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam sering berkumpul dengan kami sehingga mengatakan kepada adik kecil saya: “Wahai Abu Umair, apakah gerangan yang sedang dikerjakan oleh burung kecil itu?” (HR Tirmidzi dalam Jami’nya no 1989 dan Muslim no 2150)

Dahulu Abu Umair memiliki seekor burung kecil dan suka bermain dengannya. Suatu ketika burung tersebut mati, maka Abu Umair pun sedih karena kehilangan burungnya. Melihat keadaan tersebut, Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam ingin menghiburnya dan menghilangkan kesedihannya dengan mencandai dan menggodanya dengan berkata kepadanya : “Wahai Abu Umair, apakah gerangan yang sedang dikerjakan oleh burung kecil itu?”

Lihatlah Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam tidak canggung mencandai seorang anak kecil. Padahal beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam adalah seorang pimpinan negara yang sibuk dalam segala hal. Tetapi beliau masih bisa menyempatkan diri untuk memberikan kebahagiaan kepada seorang anak kecil yang sedang bersedih.

Kisah Ketiga

Humor cerdas Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam

عن أنس بن مالك أن رجلا استحمل رسول الله صلى الله عليه وسلم فقال : إني حاملك على ولد ناقة، فقال : يا رسول الله! ما أصنع بولد النافة؟ فقال صلى الله عليه وسلم : وهل تلد الإبل إلا النوق

Dikisahkan dari Anas bin Malik Radhiyallahu ‘anhu suatu ketika seorang sahabat meminta kepada Nabi Shalallahu ‘alaihi wasallam untuk memberikannya seekor unta untuk ditungganginya, Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam menjawab : “Sungguh aku akan memberimu tunggangan seekor anak unta.” (Sahabat tersebut memahami bahwa Rasulullah akan memberikannya seekor anak unta yang masih kecil yang tidak bisa ditunggangi). Sahabatpun berkata: “Wahai Rasulullah apa yang bisa aku perbuat dengan seekor anak unta?”

Rasulullah menjawab: “Bukankah semua unta (baik anak unta atau dewasa) itu terlahir dari seekor unta betina?” (maksud Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam yaitu beliau akan memberikannya seekor unta dewasa yang siap untuk ditunggangi, tetapi Nabi ingin mencandainya dahulu dengan mengatakan unta tersebut adalah anak unta. Karena unta kecil atau dewasa adalah termasuk anak unta). (HR. Tirmidzi dalam Jami’nya no 1991)

Kisah Keempat

Canda Nabi Shallallahu ‘alaihi wasalam terhadap seorang nenek.

عن الحسن قال : أتت عجوز إلى النبي صلى الله عليه وسلم، فقالت : يا رسول الله ! ادع الله أن يدخلني الجنة، فقال : يا أم فلان ! إن الجنة لا تدخلها عجوز، قال : فوليت تبكي، فقال : أخبروها أنها لا تدخلها وهي عجوز، إن الله تعالى يقول : تَعَالَى يَقُوْل : إِنَّا أَنْشَأْنَاهُنَّ إِنْشَاءً ۝ فَجَعَلْنَاهُنَّ أَبْكَارًا ۝ عُرُبًا أَتْرَابًا۝

Dari Al Hasan, beliau menceritakan : Seorang nenek tua pernah mendatangi Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam. Nenek tua itu pun berkata : “Wahai Rasulullah, berdo’alah pada Allah agar Dia memasukkanku dalam surga.” Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam menjawab : “Wahai Ummu Fulan, Surga tak mungkin dimasuki oleh nenek tua.” Nenek tua itu pun pergi sambil menangis. Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam pun berkata : “Kabarilah dia bahwa surga tidaklah dimasuki dia sedangkan dia dalam keadaan tua. Karena Allah Ta’ala berfirman, “Sesungguhnya Kami menciptakan mereka (bidadari-bidadari) dengan langsung dan Kami jadikan mereka gadis-gadis perawan penuh cinta lagi sebaya umurnya.”(QS. Al Waqi’ah: 35-37). (HR. Tirmidzi dalam Asy Syamail Muhammadiyah no. 205)

Perkataan Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam,

إن الجنة لا تدخلها عجوز

Surga tidak dimasuki oleh nenek tua.

Maksudnya yaitu wanita akan dihidupkan kembali di hari kiamat kelak dalam keadaan berumur tiga puluh tiga tahun, sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadist Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallambersabda,

يدخل أهل الجنة الجنة جردا مردا مكحلين بني ثلاثين أو ثلاث و ثلاثين

“Akan masuk penghuni surga dalam keadaan tanpa berpakaian, belum berjenggot, serta bercelak mata. Umur mereka antara tiga puluh tahun atau tiga puluh tahun.” (HR Ahmad dalam musnad no 22106).

 

(Visited 43 times, 1 visits today)
Film Bioskop Online
author
Author: