Cara Mengarahkan Subdomain Hosting ke IP Yang Berbeda

Cara Mengarahkan Subdomain ke IP Berbeda

Untuk mengarahkan subdomain ke IP berbeda kamu bisa gunakan Menu Zone Editor yang ada di cPanel Hosting. Silahkan ikuti step by step berikut ini.

1. Login cPanel Hosting

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah login ke cPanel. Login cPanel dapat melalui https://namadomain/cpanel, sesuai email yang dikirim dari DomaiNesia mengenai Informasi Account Hosting. Bagi anda yang belum tahu cara login cPanel, silahkan baca di Cara Mudah Login cPanel Hosting.

Cara Mengarahkan Subdomain ke IP Berbeda

2. Memilih Zone Editor

Setelah berhasil login, silahkan ketik “zone editor” pada kolom pencarian. Klik Menu Zone Editor tersebut.

Cara Mengarahkan Subdomain ke IP Berbeda

3. Memilih Domain

Tunggu sebentar maka kamu akan diarahkan ke halaman Zone Editor. Silahkan pilih nama domain yang digunakan kemudian klik Manage. Misalnya,
Subdomain : materi.websitesaya.net
Domain : websitesaya.net

Cara Mengarahkan Subdomain ke IP Berbeda

4. Menambahkan A Record

Silakan klik Add Record kemudian pilih Add A Record.

Cara Mengarahkan Subdomain ke IP Berbeda

Pada kolom Type, silahkan pilih A. Kemudian di kolom Name, silahkan tulis nama subdomain. Untuk kolom TTL, silahkan tulis TTL 1200. Kemudian pada kolom Record, silahkan tulis IP Address tujuan. Jangan lupa klik Add Record!

5. Subdomain Berhasil Terarah

Coba sekarang kamu cek subdomain tersebut di web browser. Voila! Subdomain kamu berhasil terarah ke alamat IP tujuan. Jika subdomain sudah tercantum pada Zone File Records, untuk mengganti alamat IP nya silahkan klik Edit.

(Visited 6 times, 1 visits today)
author
Author: