Cara Mengembalikan File yang Tersembunyi di Flash Disk

banner 468x60

Bagi anda yang sering bertukar file melalui Flash Disk kemungkinan besar anda pernah mengalami semua file yang ada di flash disk anda hilang dan hanya berisi shorcut beberapa file yang tidak bisa dibuka. Namun ketika kapasitas flash disk diperiksa, kapasitas flash disk anda masih terlihat masih memiliki banyak data.

Umumnya kejadian ini disebabkan oleh virus. Virus tersebut menyembunyikan data anda dan menyamar menjadi file yang anda miliki. Dan ketika anda mencoba membuka “file” anda tersebut, anda sebenarnya terkena jebakan pembuat virus dengan mengaktifkan virus tersebut untuk menginfeksi komputer yang sedang anda gunakan.

Permasalahan virus tersebut umumnya dapat dicegah dengan aplikasi antivirus seperti Bitdefender, Norton, Eset dan lain sebagainya. Namun harus diingat bahwa antivirus tersebut harus memiliki database yang terbaru. Bila tidak, hampir dapat dipastikan komputer anda sangat rentan terinfeksi virus.

Kembali lagi ke permasalahan file yang tersembunyi, file tersebut sebenarnya dapat dengan mudah di “unhidden”-kan atau dengan kata lain ditampilkan. Di sini @CrtGadget akan memberikan 2 cara bagaimana menampilkan file yang disembunyikan oleh virus.

1. MS-DOS (CMD)

Buka Windows Explorer, kemudian pilih drive tujuan dan tekan tombol Shift dan klik kanan di drive tersebut dan pilih open command window here. Setelah itu akan muncul tampilan MS-DOS.

Sebelum anda mulai menggunaka MS-DOS, ada baiknya anda mengenali beberapa perintah yang akan digunakan, yaitu:

  • Attrib adalah perintah untuk mengubah attribut di suatu file atau folder.
  • S Kependekan dari attribut System.
  • H Kependekan dari attribut Hidden.
  • R Kependekan dari attribut Read-Only.
  • /S Perintah untuk memproses semua file yang ada pada suatu drive atau folder.
  • /D Kependekan dari Directory untuk proses folder.
  • atau + untuk menghilangkan atau menambahkan attribut S, H, R ke file atau folder yang diinginkan.

Mari langsung dipraktekkan saja.

Ketik attrib -s -h -r /s /d untuk menampilkan file/folder yang tersembunyi di flash disk.
Ketik attrib +s +h +r /s /d untuk menghilangkan file/foder yang ada di direktory yang diinginkan.

Penjelasan sederhanya adalah, ketika anda mengetik attrib +s +h +r berati anda menambah attribut system, hidden, read-only ke file atau folder yang anda inginkan. Begitu juga sebaliknya bila anda mengetik attrib -s -h -r anda akan menghilangkan attribut system, hidden dan read-only.

2. Aplikasi Unhide

Anda dapat mendownload aplikasi Unhide di bagian bawah artikel ini. Setelah anda mendownload aplikasi tersebut, buka aplikasi Unhide, dan kemudian cek drive flash disk anda. Ketika anda telah mengetahui lokasi drive flash disk anda, anda cukup mengetikkan huruf drivenya saja. Seperti “E” (tidak memakai tanda kutip) dan klik tombol Unhide. Aplikasi ini akan secara otomatis mengembalikan semua file di flash disk anda.

Kelebihan ketika anda menggunakan aplikasi Unhide, anda tidak perlu repot-repot mengenali dan memahami beberapa perintah MS-DOS. Namun kekurangannya, anda tidak bisa mengembalikan file di direktrory tertentu atau malah menyembunyikan file yang anda inginkan. Namun bila anda menggunakan MS-DOS, dengan beberapa varian perintah anda dapat menyembunyikan ataupun mengembalikan file di folder tertentu. Sekedar pengingat saja, untuk langsung dapat merubah suatu file atau folder tertentu, anda tinggal tekan tombol shift dan klik kanan di direktori file yang anda inginkan.

(Visited 14 times, 1 visits today)
Film Bioskop Online
author
Author: