Cara Menghapus Backlink Melalui Webmaster/Google Search Console

Setelah memeriksa backlink, anda dapat melihat manakah website yang tidak anda inginkan sebagai sumber backlink. Pada artikel terkait dengan social bookmark saya menjelaskan apa yang dimaksud dengan backlink yang baik. Perhatikan gambar berikut ini yang menggambarkan backlink menuju Ensiklopedia Populer.

Pada konteks umum, apabila ada sumber backlink yang dianggap mengganggu anda bisa melakukan penyangkalan. Google akan menghapus backlink tersebut dari daftar google apabila pemilik domain atau website meminta. Hal ini hanya bisa dilakukan melalui webmaster dan untuk domain/website yang terdaftar di webmaster. Laman penyangkalan ada di link ini.

Anda perlu menyiakan file yang berisi daftar tautan dari website yang anda inginkan. Google menetapkan standar file yang harus anda unggah pada laman ini. File harus berupa  .txt dan perlu dienkode dengan ASCII 7-bit atau UTF-8. Gunakan editor teks untuk membuat berkas ini, seperti notepad.

Struktur file Permintaan Penghapusan Backlink 

File yang diunggah melalui laman ini memiliki struktur yang sudah ditentukan. Strukturnya adalah sebagai berikut:

# bloggerkeren.com removed most links, but missed these
http://contoh.com/stuff/comments.html
http://contoh.com/stuff/paid-links.html
# Contacted owner of shadyseo.com on 7/1/2012 to
# ask for link removal but got no response
domain:contoh.com

Rinciannya adalah sebagai berikut:

# bloggerkeren.com removed most links, but missed these
~> pernyataan ini menunjukkan bahwa admin bloggerkeren.com sudah berusaha untuk membuang backlink tapi gagal

http://contoh.com/stuff/comments.html
http://contoh.com/stuff/paid-links.html
~> Daftar link yang kita minta buang
# Contacted owner of belgendes.com on 7/1/2012 to
# ask for link removal but got no response
~> Pernyataan bahwa administrator bloggerkeren.com sudah meminta kepada administrator web tersebut untuk menghilangkan backlink tapi tidak mendapat respon.
domain:XXXXX.com
~> apabila anda memasukkan nama domain ini, maka semua dan selamanya backlink dari website ini yang menuju website anda tidak akan dianggap oleh google.

Unggahlah file tersebut melalui laman yang digambarkan di atas. Namun, anda harus menunggu respon dari google setidaknya seminggu. Anda perlu sedikit bersabar. Jika berhasil, Google akan memberitahukan anda melalui pesan di webmaster Anda.

Berita ini tentu menjadi berita baik. Sejauh pengalaman saya, domain yang sudah kita daftarkan melalui metode ini tidak akan lagi muncul dalam daftar backlink. Setidaknya, satu cara sudah dilakukan untuk menghilangkan baclink dari website yang tidak kita inginkan.

(Visited 14 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *