Cara Mudah Untuk Screenshot di Windows Dengan FastStone Capture

banner 468x60

Sekarang ini kemudahan dalam mengambil gambar pada layar semakin mudah. Tidak hanya di gadget, namun juga di perangkat seperti laptop atau PC. Bagi yang memakai sistem operasi Windows, sebenarnya anda tidak terlalu perlu aplikasi tambahan lagi. Hal ini dikarenakan Windows memiliki fitur tersebut. Caranya cukup dengan menekan tombol print screen (prt sc) di keyboard anda, dan buka aplikasi foto editor Paint yang juga aplikasi default dari Windows. Kemudian cukup tekan ctrl + V atau klik kanan di layar aplikasi Paint dan kemudian pilih paste.

Walau Windows sudah menyediakan fitur seperti yang telah dijelaskan di atas, namun fitur tersebut sangat sederhana sekali. Hal ini membuat banyak orang memilih menggunakan aplikasi tambahan. Dan kali ini @CrtGadget akan membahas mengenai aplikasi screenshot yang memiliki cukup banyak fitur yang bernama FastStone Capture.

FastStone Capture ini dirilis oleh FastStone Soft . Ketika anda membuka aplikasi ini anda akan menemukan layar kecil yang memiliki banyak menu. Menu tersebut dapat membantu anda untuk memilih tampilan layar yang mau di screenshot. Bila anda arahkan mouse ke salah satu menu, maka akan terlihat info dari menu tersebut. Beberapa fiturnya adalah Capture Active Windows yang bertujuan untuk mengambil tampilan dari jendela aplikasi yang aktif. Selain itu juga ada fitur Capture Windows, yang berarti anda dapat mengambil screenshot dari sebagian ataupun keseluruhan dari jendela yang aktif.

Ada juga fitur yang sama seperti halnya fitur default Windows, yaitu menangkap keseluruhan dari layar anda. Fitur yang dapat dikatakan cukup ciamik adalah, fitur Capture Scrolling Window. Anda dapat melakukan screenshot keseluruhan dari tampilan jendela yang bisa di scroll, seperti file doc yang memiliki beberapa lembar tulisan. Dengan fitur ini anda tidak perlu repot untuk menggabungkan file hasil screnshot dari tampilan yang dapat di scroll.

Aplikasi FastStone Capture ini tidak hanya dapat menangkap tampilan dari layar anda namun juga dapat merekam kegiatan yang anda lakukan di layar anda. Fitur tersebut bernama Screen Recorder. Selain merekam kegiatan di layar anda, anda juga dapat menambahkan suara ke hasil rekaman tersebut dengan mengaktifkan fitur mikroponnya.
Aplikasi yang hanya berukuran sekitar 3 MB ini dapat dikatakan aplikasi yang ringan dengan fitur yang sangat kaya. Selain itu aplikasi ini juga menyediakan versi portable, sehingga anda dapat menggunakan cukup melalui Flash Disk anda saja. Dengan banyaknya fitur yang disediakan membuat aplikasi ini bukan di kategori aplikasi freeware atau gratisan.

Namun bila anda tertarik untuk mencobanya terlebih dahulu, anda dapat menggunakan semua fitur dari aplikasi ini gratis selama 30 hari. Namun setelah melewati 30 hari, anda akan dipaksa untuk membeli lisensinya atau menghapus aplikasi ini dari sistem operasi anda. Untuk harganya, anda harus merogoh kocek sebesar $19.95 atau sekitar 200.000 rupiah untuk lisensi seumur hidup.

(Visited 14 times, 1 visits today)
Film Bioskop Online
author
Author: