Doakan Kesuksesan Orang Lain, Maka Kita Akan Ikut Sukses Juga

Inilah mungkin yang banyak dilupakan oleh banyak orang atau mungkin belum diketahui. Padahal di antara do’a yang mustajab (terkabul) adalah do’a seorang muslim kepada saudaranya.

Do’a seorang muslim kepada saudaranya karena Allah di saat saudaranya tidak mengetahuinya adalah do’a yang sangat utama dan do’a yang akan segera terijabahi (mustajab). Orang yang mendo’akan saudaranya tersebut akan mendapatkan semisal yang didapatkan oleh saudaranya.

Dari Shofwan bin ‘Abdillah bin Shofwan –istrinya adalah Ad Darda’ binti Abid Darda’-, beliau mengatakan,

“Aku tiba di negeri Syam. Kemudian saya bertemu dengan Ummud Darda’ (ibu mertua Shofwan, pen) di rumah. Namun, saya tidak bertemu dengan Abud Darda’ (bapak mertua Shofwan, pen). Ummu Darda’ berkata, “Apakah engkau ingin berhaji tahun ini?” Aku (Shofwan) berkata, “Iya.”

Ummu Darda’ pun mengatakan, “Kalau begitu do’akanlah kebaikan padaku karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda,”

“Sesungguhnya do’a seorang muslim kepada saudaranya di saat saudaranya tidak mengetahuinya adalah doa’a yang mustajab (terkabulkan). Di sisi orang yang akan mendo’akan saudaranya ini ada malaikat yang bertugas mengaminkan do’anya. Tatkala dia mendo’akan saudaranya dengan kebaikan, malaikat tersebut akan berkata: Amin. Engkau akan mendapatkan semisal dengan saudaramu tadi.”

Shofwan pun mengatakan, “Aku pun bertemu Abu Darda’ di pasar, lalu Abu Darda’ mengatakan sebagaimana istrinya tadi. Abu Darda’ mengatakan bahwa dia menukilnya dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.” (Muslim: 48-Kitab Adz Dzikr wad Du’aa’, hal. 88)

Karenanya saudaraku, ketika kita memiliki keinginan atau hajat. Maka doakan pula kebaikan yang kita harapkan kepada saudara kita dengan ikhlas dan penuh harap sebagaimana kita berdoa untuk diri kita sendiri. Jika ingin keturunan, doakan saudara muslim lain yang belum memiliki keturunan. Jika ingin mendapat surga, doakan pula saudara-saudara kita seiman untuk mendapatkan surga pula. Bahkan untuk kehidupan dunia, ketika kita ingin memiliki penghasilan penuh berkah dan sukses, doakan pula saudara kita sebagaimana doa untuk diri kita sendiri. Wallahu’alam

Sumber : Bimbingan Islam

(Visited 5 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *