Dosa dan Maksiat Menyebabkan Sering Terkena Musibah

banner 468x60

Musibah yang sering melanda, bencana yang tak kunjung reda, itu disebabkan karena dosa dan kemaksiatan kita kepada Allah Ta’ala. Akan tetapi sayang, hampir tidak pernah kita dengar dari para pakar bencana kecuali sebab-sebab fisik, mengapa terjadi gempa, letusan gunung, tsunami, dan lainnya.

Hampir tidak ada yang mengaitkannya dengan ulah perbuatan manusia dalam bingkai agama, termasuk juga mereka yang dikatakan sebagai para sarjana agama. Bahkan mereka terkesan melecehkan orang-orang yang mengaitkan antara bencana dengan perbuatan manusia. Padahal sejatinya ada kaitan antara dua hal tersebut.

Allah berfirman yang artinya,”Dan musibah apa saja yang menimpa kalian maka itu disebabkan karena perbuatan tangan kalian, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahan tersebut)”(QS. Asy Syuuraa: 30)

Jangan sampai kita diadzab oleh Allah Ta’ala sebagaimana adzab yang telah ditimpakan kepada kaum-kaum sebelum kita, karena kezhaliman-kezhaliman mereka.

Jika kita telusuri kisah-kisah umat terdahulu yang jatuh ke dalam kehancuran, maka kitakan dapati mereka adalah orang-orang yang telah berbuat syirik kepada Allah. Mereka menyekutukan Allah dengan selain-Nya dan mereka lebih mendahulukan hawa nafsu dari beriman kepada Allah Ta’ala.

Kesyirikan tidaklah sebatas seseorang menyembah kepada berhala atau mengakui adanya pencipta selain Allah Ta’ala, akan tetapi mempunyai makna yang lebih luas dari itu semua. Jika suatu peribadatan dipalingkan kepada selain Allah Ta’ala, maka ia telah berbuat syirik. Entah itu ditujukan kepada malaikat, orang sholeh, Nabi, wali, jin atau selainnya, maka ia telah melakukan kesyirikan.

Semoga kita tidak termasuk orang-orang yang menyekutukan Allah Ta’ala dan semoga kita senantiasa berdo’a kepada Allah agar dijauhkan dari kesyirikan sebagaimana doa Nabi Ibrahim (yang artinya), “Ya Rabbku, jadikanlah negeri ini (Mekah), negeri yang aman, dan jauhkanlah aku beserta anak cucuku daripada menyembah berhala-berhala.” (QS. Ibrahim : 35)

(Visited 4 times, 1 visits today)
Film Bioskop Online
author
Author: