Hukum Orang Yang Memakai Susuk Ketika Meninggal Dunia

banner 468x60

Pertanyaan:
Assalamu’alaikum mau nanya ni kalau orang makai susuk terus dia ningal gimana?

Jawab:
Walaikumsalam. Susuk adalah logam, emas, perak atau selainnya yang berukuran kecil yang dimasukkan ke dalam kulit dengan tujuan mempercantik, memperkuat, kekebalan dan lain sebagainya yang dengan itu manusia tunduk kepadanya.

Asas dari susuk adalah sihir. Semua ulama sepakat bahwa mempelajari sihir, memanfaatkan jasa ahli sihir dan benda-benda yang mengandung sihir seperti susuk, dan lainnya, maka hukumnya haram. Bahkan menurut madzhab Syafi’i, siapa yang mengatakan “boleh” mempelajari dan memanfaatkan jasa sihir, maka dia kafir.

Rosululloh shollallohu’alaihi wasallam bersabda:

إن الرقى والتمائم والتولة شركٌ

“Sesungguhnya ruqyah (jampi-jampi), penangkal, dan pelet, adalah syirik.”
(HR. Abu Daud)

Melakukan sihir berarti telah berbuat syirik kepada Alloh subhanahu wata’ala. Syirik adalah dosa terbesar yang tidak akan diampuni apa bila pelakunya meninggal dalam kadaan belum bertaubat. Dan ia kekal di neraka jahannam. Alloh subhanahu wata’ala berfirman:

إِنَّ اللهَ لَا يَغْفِرُ أَنْ يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَا دُوْنَ ذَالِكَ لِمَنْ يَّشَاءُ وَمَنْ يُشْرِكْ بِاللهِ فَقَدِافْتَرَاى إِثْمًا عَظِيْمًا

“Sesungguhnya Alloh tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni dosa yang selain (syirik) itu bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan barangsiapa berbuat syirik terhadap Alloh, maka dia telah berbuat dosa yang sangat besar”
(QS. An-Nisa: 48)

Alloh subhanahu wata’ala berfirman:

إِنَّهُ مَنْ يُّشْرِكْ بِاللهِ فَقَدْ حَرَّمَ اللهُ عَلَيْهِ الجَنَّةِ وَمَأْوَاهُ النَّارِ، وَمَا لِلظَّالِمِيْنَ مِنْ أَنْصَارِ

“..Sesungguhnya barang siapa yang mempersekutukan Alloh, maka sungguh Alloh haramkan surga baginya, dan tempat kembalinya ialah neraka. Dan tidak ada seorang penolongpun bagi orang-orang zhalim itu.”
(QS. Al-Maidah: 72)

Wallohu ta’ala a’lam

http://www.hasmi.org

(Visited 18 times, 1 visits today)
Film Bioskop Online
author
Author: