Keepass, Menyimpan Password Dengan Mudah dan Aman

No comment 28 views
banner 468x60

Apakah anda masih menggunakan satu password untuk semua jenis akun anda? Bila masih, keamanan dari akun anda patut dipertanyakan. Hal ini dikarenakan bila salah satu akun anda dbobol, maka dapat dipastikan semua akun anda akan hilang.

Seringkali, walau mengetahui resiko tersebut,orang tetap malas untuk menggantinya. Hal itu dapat dikarenakan berbagai alasan seperti, merasa akun yang dimiliki tidak memiliki nilai, malas, repot mengingat masing-masing password. Tentu saja akan merepotkan untuk mengingat berbagai macam password untuk berbagai akun. Memang kenyamanan akan selalu berbanding terbalik dengan keamanan. Sehingga anda tinggal memilih, kenyamanan anda atau keamanan data atau akun anda?

Salah satu aplikasi yang patut dipertimbangkan dalam hal pengelola password adalah KeePass. KeePass ini memiliki 2 versi, yaitu versi 1 dan versi 2. Namun sebaiknya anda memilih untuk menggunakan versi 2.xx saja dikarenakan versi tersebut adalah versi yang lebih banyak fitur. Bila anda ingin mengetahui lebih lanjut perbedaannya dapat mengunjungi halaman ini.

Ketika membuat suatu akun anda umumnya akan diminta untuk membuat security question bila mana anda lupa akan passwordnya atau terjadi masalah pada akun anda. Di sinilah salah satu kelebihan dari keepass. Keepass memiliki fitur yang dapat membantu anda untuk menuliskan hal-hal penting seperti security question atau berbagai data pribadi yang dimasukkan ke suatu akun tersebut. Bila anda malas untuk mencatat kembali, anda juga dapat melakukan screenshot tampilan data yang anda isi dan di-attach ke data password yang disimpan di KeePass. Tidak hanya itu file foto, anda bahkan bisa memasukkan file text seperti docx, txt atau file dengan format apa saja.

Selain itu kemudahan dalam penggunaan KeePass juga tidak perlu diragukan. Hal ini dikarenakan Keepass dapat disinkronsasi dengan kebanyakan browser seperti chrome ataupun Firefox dan juga Safari. Untuk browser chrome, sebelum dapat disinkronisasi anda terlebih dahulu memasang plugin yang bernama chromeIPass, dan juga menambah plugin yang bernama keepasshttp di aplikasi Keepass anda. Bila di browser Safari anda membutuhkan plugin Passafari. Sedangkan untuk Firefox, anda cukup memasang plugin bernama KeeFox.

Setelah akun keepass anda tersinkronisasi dengan plugin di browser, anda tidak perlu repot lagi memasukkan berbagai macam password karena keepass akan dengan otomatis akan mengenali alamat website dan memasukkan username beserta password yang anda simpan di KeePass. Bila anda memiliki beberapa akun di suatu website, seperti facebook atau Twitter, KeePass juga dapat memberikan anda pilihan akun yang ingin anda gunakan.

Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya? Ayo nikmati kemudahan online di internet dengan keamanan yang mumpuni.

(Visited 10 times, 1 visits today)
Film Bioskop Online
author
Author: