Kekurangan dan Kelebihan Mobil Honda Mobilio Type S,E, dan RS

Namun, jika dibandingkan dengan mobil lain, apa saja kelebihan dan kekurangan mobil ini? Untuk mengetahui lebih lanjut, kami akan membahas mengenai Kelebihan dan Kekurangan Honda Mobilio.

Kelebihan Honda Mobilio :

1. Kabin yang Luas

Jika dilihat dari eksterior mobil ini, Honda Mobilio merupakan mobil yang paling rendar dari segi ketinggiannya, jika dibandingkan dengan produk lain. Namun, kabin mobil ini jauh lebih luas dan lega dibandingkan dengan mobil MPV sekelasnya. Di sini Honda mencoba memaksimalkan desain kendaraan dengan menghadirkan kabin yang luas namun tak membuat mobil terlihat besar.

2. Sistem Kendali Lebih Baik

Honda Mobilio memiliki handling atau sistem kendali yang sangat baik. Body roll dan feedback setir mobil ini masih lebih baik dibandingkan mobil-mobil sekelasnya, walaupun ketika menggunakan EPS akan mengurangi feeling mengemudi.

3. Performa Mesin

Salah satu mobil MPV keluaran Honda ini memiliki mesin 1.500 cc L 15Z1. Mesin ini adalah mesin terbaru dari Honda jika dibandungkan dengan Honda City dan akan diterapkan juga di Honda Jazz. Selain itu, tenaga yang dikeluarkan oleh mesin mobil Honda Mobilio ini adalah 118 Hp. Tenaganya lebih kecil 2 Hp jika dibandingkan dengan Honda Jazz. Pengurangan tenaga ini merupakan strategi Honda agar konsumsi bahan bakar lebih irit dan lebih hemat. Mesin mobil ini juga menggunakan intake manifold berbahan plastik untuk mengurangi bobot kendaraan.

4. Bagasi Luas

Bagasi Honda Mobilio memang sangat luas. Bahkan, dikatakan paling luas di kelasnya. Luas bagasi Honda Mobilio disebutkan lebih besar jika dibandingkan dengan Kijang Innova. Agar memberikan kesan yang mewah, Honda menempatkan dongkrak dan toolkit di tempat yang tersembunyi dan tidak mengurangi ruang bagasi. Namun, sayangnya jok mobil ini tidak bisa dilipat menjadi rata lantai.

5. Desain Eksterior Berkelas

Desain eksterior Honda Mobilio merupakan desain yang berkelas jika dibandingkan dengan mobil-mobil sekelasnya. Mobil ini dirancang khusus untuk menjadi mobim keluarga yang sporty.

Kekurangan Honda Mobilio:

1. Kualitas Pengerjaan Kurang

Banyak hal dari Honda Mobilio ini masih kurang dari segi kualitas pengerjaan, seperti bodi dan engine bay, dashboard, door trim, dan sambungan bodi. Sehingga, menimbulkan kesan asal-asalan dan tidak sesuai. Hal ini juga kemungkinan karena Honda sedang menambah jumlah produksi Honda Mobilio, sampai akhirnya menurunkan kualitas pengerjaan dan material yang digunakannya kurang bagus.

2. Transmisi CVT Tidak Sanggup Menyalurkan Tenaga Mesin

Transmisi CVT pada mobil ini tidak bisa memberikan tenaga mesin yang sebenarnya. Pada kecepatan rendah, pedal memang sangat responsif, tapi ketika dalam kecepatan sedang (40 – 80 km/jam), performa transmisi CVT terasa sangat lambat dan tidak memberikan performa yang baik, seperti pada Honda Mobilio manual. Terlebih dalam kecepatan yang sangat cepat, yaitu mencapai 150 km/jam, maka CVT sudah tidak sanggup lagi jika ada injakan kaki untuk memacu mobil lebih cepat lagi. Oleh karena itu,sebaiknya anda mengambil varian manual pada Honda Mobilio, jika alasan anda membeli mobul karena akselerasi.

3. Suspensi Tidak Nyaman

Sayangnya mobil MPV ini dikategorikan sebagai mobil yang paling kaku di kelasnya. Jika Anda melewati jalan bergelombang atau tidak rata, anda harus membawanya secara perlahan, terlebih pada suspensi belakang. Hal ini tidak sama seperti Honda Freed yang memiliki suspensi yang nyaman. Akan tetapi, kelebihannya ada pada handling, sehingga kekurangan pada suspensi ini terbayarkan.

4. Kabin Tidak Kedap Suara

Kualitas pengerjaan Honda Mobilio yang terbilang terburu-buru ini ternyata berpengaruh pada kekedapan mobil. Jika anda dalam kondisi kecepatan rendah, suara mesin mobil akan sangat tenang dan tidak terasa. Namun, ketika anda memacu mobil dengan kecepatan di atas 80 km/ jam, maka kekedapan kabin tidak dirasakan kembali. Suara mesin, angin, dan ban sangat mengganggu. Hal ini sama seperti avanza keluaran pertama. Selain itu, suara di luar juga mengganggu, karena ketika kita mengobrol di luar dapat terdengar hingga ke dalam mobil. Hal ini karena penggunaan plat bodi tipis dan hanya memakai satu lapis karet peredam saja.

5. Desain dan Kualitas Interior Kurang Menarik

Bentuk dari Honda Mobilio kurang menarik. Selain itu, kualitas material fan fit, juga finishingnya kurang begitu baik. Bahkan, kita juga tidak mendapatkan kompartemen penyimpanan yang melimpah, seperti mobil-mobil MPV sekelasnya. Interior Honda Mobilio ini sama persis desainnya dengan Honda Brio, kecuali pada aksen dan pewarnaan yang diberikan.

Demikianlah kelebihan dan kekurangan Honda Mobilio. Anda dapat mempertimbangkannya kembali ketika hendak membeli mobil ini. Jika sesuai dengan keingin Anda, jangan ragu untuk membelinya. Jika kurang sesuai, pilihlah mobil sejenisnya. Namun, memang setiap mobil tentunya ada kekurangan dan kelebihannya. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

(Visited 18 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *