Penyakit Hati Yang Sangat Berbahaya

No comment 20 views

Sesungguhnya di antara penyakit hati yang sangat berbahaya dibanding penyakit-penyakit hati yang lainnya. Penyakit hati yang tidak hanya diidap oleh iblis, tidak hanya diderita oleh para pendosa, bahkan orang-orang Islam pun ditimpa penyakit ini. Penyakit yang sangat buruk ini adalah penyakit kesombongan.

Apabila seseorang mendapati pada dirinya perasaan meremehkan dan merendahkan orang lain. Hendaklah ia waspada. Karena ini adalah indikator atau tanda yang kuat bahwa ia sedang terjangkiti penyakit kesombongan.

Dalam sebuah hadits, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Dan sesungguhnya Allah mewahyukan padaku untuk memiliki sifat tawadhu. Janganlah seseorang menyombongkan diri (berbangga diri) dan menzalimi yang lain.” [HR. Muslim].

Hadits ini adalah petunjuk yang jelas jangan sampai seseorang merasa sombong dan lebih dibanding muslim yang lain. Dan hadits ini menuntunkan untuk bersifat tawadhu (rendah hati) yang merupakan kebalikan dari sombong.

Syeikh Muhammad bin Sholeh Al Utsaimin rahimahullah berkata,

“Meremehkan seorang muslim adalah haram bagaimanapun ia, entah semiskin apapun dia atau sebodoh apapun dia, janganlah engkau meremehkannya.

Nabi Shollallahu alaihi wasallam bersabda,
Berapa banyak orang yang rambutnya kusut, tampak dihinakan & di usir oleh orang-orang, namun apabila dia berdo’a kepada Allah, pasti Allah akan mengabulkannya. [HR. Muslim No.4754].

Maka bagaimanakah mungkin engkau meremehkan saudaramu sesama Muslim? (Padahal bisa jadi di sisi Allah dia lebih mulia darimu).” [Syarah Arbain Nawawiyyah 3822]

(Visited 4 times, 1 visits today)
author
Author: