Rahasia Terkabulnya DOA Para Nabi

Jika kita bertanya; doa seperti apa yang dikabulkan? Mungkin banyak di antara kita akan menjawab; doa di sepertiga malam yang terakhir, doa antara adzan dan iqomat, doa di depan Ka’bah, doa di Raudhoh, mengangkat kedua tangan, mengkonsumsi yang halal, dan seterusnya. Ini semua adalah perkara yang agung, perlu diwujudkan saat kita berdoa.

Namun ada rahasia dalam berdoa yang mungkin banyak di antara kita tidak memberikan perhatian kepadanya, padahal itulah unsur utama terkabulnya doa.

Diantara keutamaan doa yang bisa disimpulkan dari ayat-ayat al-Qur’an, adalah bahwa kerutinan seorang hamba dalam berdoa merupakan pertanda tingginya makrifat dia kepada Allah, juga tanda kuatnya hubungan dia dengan-Nya. Karena itu kita dapati para Nabi dan Rasul adalah orang-orang yang paling terdepan dalam memperbanyak doa dengan sempurna di segala kondisi dan kesempatan.

Allah berfirman,
Artinya: “Sungguh mereka selalu bersegera dalam (mengerjakan) kebaikan, dan mereka berdoa kepada Kami dengan penuh harap dan cemas. Dan mereka orang-orang yang khusyuk kepada Kami”. (QS. Al-Anbiya’: 90).

Dalam berdoa ada harapan kepada Allah, ada kecemasan dan keluh kesah, ada ungkapan kebutuhan hamba pada Allah, ada pengakuan bahwasanya Dialah yang Mahakuasa, Mahakaya, dan Mahapengasih. Dalam doa ada pengakuan bahwasanya kita benar-benar hamba yang faqir dan hina di hadapan Allah. Inilah tauhid yang sesungguhnya.

Inilah rahasia terkabulnya doa para Nabi. Pertama, mereka menampakkan kebutuhan yang sangat di hadapan Allah. Kedua, mereka mengungkapkan pengakuan; pengakuan akan kuasa Allah, pengakuan bahwa hanya Dia yang berhak diibadahi, pengakuan bahwa hamba telah berbuat khilaf. Ketiga, mereka berdoa dengan sepenuh jiwa dan khusyu’, karena berada dalam keadaan bahaya dan genting. Keempat, mereka berdoa dalam kesunyian dan kesendirian, di saat hanya Allah yang melihat dan mendengar. Ini menggambarkan betapa tinggi ketulusan doa mereka.

(Visited 11 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *