Share Hosting, Cloud Hosting, dan VPS

Anda perlu menyusun spesifikasi server sesuai dengan kebutuhan website yang akan Anda bangun. Tindakan itu perlu Anda lakukan supaya dapat memilih server yang sesuai untuk menghindari permasalahan di kemudian hari. Website besar tentu saja membutuhkan resource yang besar. Sedangkan website yang kecil akan lebih optimal jika menggunakan server dengan resource yang standar.

Kapan Anda perlu menggunakan shared hosting?

Pengoperasian layanan shared hosting yang mudah dan penyedia layanan hosting yang mengelola server, membuat shared hosting cocok untuk pengguna yang masih awam yang ingin membangun website kecil dengan lalu lintas yang kecil sampai dengan menengah seperti blog dan website pribadi.

Bagi Anda yang terjun di dunia bisnis, Anda mungkin saja dapat menggunakan hosting bisnis dengan kapasitas yang lebih besar. Namun ketika website mendapatkan trafik yang cukup masif sampai melebihi kapasitas, Anda harus melakukan migrasi. Proses migrasi cukup ribet dan membutuhkan waktu yang terkadang cukup lama.

Kapan Anda perlu menggunakan VPS?

Adanya akses root dan fasilitas untuk mengembangkan kapasitas sesuai dengan kebutuhan membuat layanan VPS cocok untuk Anda yang sudah pernah menggunakan shared hosting dan menginginkan sumber daya dedicated dan besar dengan kustomisasi yang fleksibel. Namun, Anda harus memahami cara konfigurasi server web hosting secara manual –jika menggunakan layanan unmanaged.
Kapan Anda perlu menggunakan cloud hosting?

Jika Anda menginginkan layanan dengan performa VPS dan kemudahan shared hosting, cloud hosting adalah layanan yang paling sesuai untuk Anda. Pengguna yang cocok menggunakan layanan cloud hosting seperti perusahaan atau pemilik website dengan trafik yang cukup tinggi, bahkan website baru yang sedang dalam proses pengembangan. Layanan cloud hosting merupakan pilihan yang paling sesuai di segala jenis ukuran bisnis, karena jangkauannya yang sangat luas dengan performa yang baik.

Sebenarnya pengelolaan layanan cloud hosting membutuhkan kemampuan teknis. Namun Anda tidak perlu khawatir, di Niagahoster menawarkan layanan cloud hosting fully managed. Segala pengelolaan server cloud hosting dilakukan oleh Niagahoster, Anda tinggal menggunakannya. Jadi pengguna dapat fokus mengembangkan website dan menarik banyak pengunjung untuk membesarkan bisnis mereka.

Kesimpulan

Layanan cloud hosting, VPS, dan share hosting sama-sama memberikan solusi bagi Anda yang ingin mengembangkan website. Namun ada perbedaan di antara ketiganya. Masing-masing juga layanan mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Anda tinggal memilih layanan yang sesuai dengan website yang ingin Anda kembangkan dan maksimalkan potensi layanan dipakai.

Jika Anda tidak ingin berpindah-pindah dari layanan satu ke layanan yang lainnya, kami menyarankan Anda untuk menggunakan cloud hosting. Cloud hosting merupakan layanan yang dapat Anda gunakan dari website kecil sampai dengan website yang mempunyai trafik yang masif. Skalabilitas dan fleksibel membuatnya dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan.

Sumber : NiagaHosting

(Visited 12 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *