Tutorial Cara Redirect HTTP ke HTTPS Lewat htaccess

banner 468x60

Menggunakan cara ini disarankan untuk blog WordPress yang baru diinstalasi, karena dapat merubah struktur link pada blog. Pastikan Anda sudah mengetahui cara mengakses file melalui File Manager atau FTP untuk mengedit file .htaccess.

Pastikan untuk HTTPS berjalan dengan baik dengan mengakses https://domainanda.com. Jika dapat diakses tanpa masalah, silakan ikuti langkah dibawah ini:

1. Silakan akses dashboard admin WordPress Anda dan pilih menu Settings > General.

2. Ubah http://domainanda.com menjadi https:domainanda.com pada kolom WordPress Address(URL) dan Site Address(URL). Pastikan untuk domainanda.com diganti dengan nama domain anda.

3. Setelah itu silakan klik tombol Save Changes untuk menyimpan.

setting redirect ssl

4. Pada langkah ini Anda telah berhasil mengaktifkan HTTPS. Akan tetapi, jika situs Anda tetap menampilkan http, silakan lakukan redirect ke HTTPS. Proses redirect dari HTTP ke HTTPS dapat Anda lakukan melalui file .htaccess. Di sini kami menggunakan File Manager untuk mengedit file .htaccess. Di samping itu, Anda juga dapat menggunakan FTP client. Silakan akses control panel hosting Anda dan pilih menu File Manager.

file manager

5. Silakan masuk ke folder instalasi website WordPress Anda. Jika Anda menginstalnya pada domain utama, silakan akses folder public_html, klik kanan, kemudian pilih pilihan Edit pada file .htacess.

6. Seperti yang dapat Anda lihat, sudah terdapat baris code dalam file .htaccess. Hal ini berfungsi agar blog WordPress dapat diakses dengan baik. Silakan paste code di bawah ini pada baris bawah # END WordPress kemudian klik Save Changes.

RewriteCond %{SERVER_PORT} 80
RewriteRule ^(.*)$ https://www.domainanda.com/$1 [R,L]
PENTING – Anda harus mengubah www.domainanda.com dengan nama domain yang Anda miliki.

script https di file htaccess

Pada tahap ini Anda sudah menyelesaikan cara redirect HTTP ke HTTPS pada WordPress. Jika langkah yang Anda lakukan sudah sesuai dengan langkah pada tutorial ini, website Anda seharusnya sudah dapat diakses dengan baik. Jika terdapat error, Anda dapat menghapus code yang ditambahkan pada file .htaccess tersebut untuk memperbaikinya. Apabila permasalahan masih terjadi, jangan ragu untuk menghubungi bagian support hosting Anda guna mendapatkan bantuan.

(Visited 21 times, 1 visits today)
Film Bioskop Online
author
Author: