Waktu yang Tepat untuk Memberikan Obat Flu dan Batuk pada Anak

Setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anak-anaknya, terutama saat mereka terserang penyakit. Segala macam usaha akan mereka lakukan sebagai bentuk kasih sayangnya, salah satunya adalah dengan memberikan obat untuk meringankan rasa sakit dan tidak nyaman yang dialami oleh Si Buah Hati. Namun, hingga saat ini masih banyak orang tua yang bingung kapan sebaiknya mereka memberikan obat pada anaknya saat sakit, terutama saat terserang flu dan batuk. Dua penyakit ini tak terpisahkan dan paling sering menyerang anak-anak.

Tenang, berikut ini adalah panduan waktu terbaik untuk memberikan obat flu dan batuk pada anak yang bisa Moms lakukan di rumah.

Demam di atas 37,5o C
Langkah awal yang harus Moms lakukan saat anak mulai demam akibat flu adalah dengan mengukur suhu badannya. Jika suhu tubuhnya berada dibawah 37,5o C, Moms cukup mengompresnya menggunakan kain bersih yang dicelupkan ke dalam air hangat. Kompres beberapa bagian tubuh seperti dahi, ketiak, dan juga lipatan pahanya agar demam cepat turun.

Namun jika suhu tubuhnya semakin naik setelah dikompres, bahkan melebihi angka 37,5o C, inilah saat yang tepat bagi Moms untuk memberikan obat pada anak. Berikanlah obat penurun panas yang mengandung paracetamol untuk membantu menurunkan demam.

Anak susah tidur di malam hari
Saat terserang flu dan batuk, anak akan cenderung susah tidur di malam hari. Hal ini dikarenakan rasa tidak nyaman pada tubuhnya, seperti hidung tersumbat, sakit kepala, hingga rasa gatal pada tenggorokan yang menyebabkan batuk sepanjang malam. Kalau sudah begini, berikanlah obat pada anak dengan kandungan Phenylephrine yang aman sebagai dekongestan untuk membantu melegakan hidung tersumbat. Selain bisa meringankan gejala flu, obat ini juga biasanya menyebabkan kantuk pada anak, sehingga mereka bisa langsung tidur setelah meminumnya. Berikan sesuai dengan anjuran dokter ya, Moms!

Sakit tenggorokan dan batuk berlebihan
Sakit tenggorokan dan batuk adalah gejala yang sangat khas dan banyak dialami anak saat flu. Memberikan air hangat dengan campuran perasan lemon dan madu adalah solusi untuk meringankannya. Selain itu, berikan obat flu dan batuk yang aman untuk anak-anak. Sebagai bahan pengingat, jangan sampai memberikan obat khusus orang dewasa pada anak yang sedang sakit flu dan batuk, hal ini dikarenakan kandungan obatnya dan dosis yang berbeda dengan kebutuhan obat untuk anak-anak.

(Visited 7 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *